RSS

Cara Ternak Ikan

Siapa yang tidak mengenal ikan cupang? Ikan kecil yang sangat populer dikalanganpara hobiis ini memiliki daya tarik tersendiri. Di pasaran terdapat dua jenis ikancupang yakni cupang adu dan cupang hias. Varietas cupang hias dikenal dengannama ilmiah betta splendens. Sedangkan cupang aduan ada berbagai macam varietasantara lain betta imbelis, betta rubra, betta unimacullata, dll. Namun kita akanmembahas mengenai ternak cupang hias. Membedakan cupang hias dan cupang adusangatlah mudah. Yakni dengan melihat penampilan fisik sang ikan.Pada ikan cupang hias memiliki sirip dan ekor yang indah berwarna-warni. Cupanghias tidak harus berbuntut panjang sebab saat ini telah lahir strain baru yakni jenisplakat. Cupang jenis plakat sepintas mirip dengan cupang aduan namun memilikibentuk tubuh yang lebih indah dan warna yang cemerlang. Cupang aduan secarageneral memiliki ciri fisik dengan bentuk tubuh yang kurang menarik dan biasanyaberwarna gelap.Prospek ikan cupang sebagai ikan hias sangatlah besar setiap harinya permintaanikan hias ini cukup signifikan. Penikmatnya tidak hanya dikalangan anak kecil seperti jaman kakek kita kecil dulu. Ikan cupang kini digemari banyak orang dari berbagaiusia, golongan dan segala lapisan segmentasi masyarakat. Pemasarannya tergolongmudah karena permintaan akan ikan ini terus mengalir. Serta jenis cupang hias jugasangat banyak, mulai dari jenis slayer, serit (crown tail), halfmoon, double tail/cagak,sampai jenis plakat. Ikan cupang memiliki tempat tersendiri dikalangan pecinta ikanhias. Perlu diingat bahwa ikan ini tidak mengenal musim seperti ikan louhan, diskus,tetra, dll.Krisis ekonomi seperti saat ini juga menuntut kita untuk memutar otak guna mencaripenghasilan tambahan. Salah satu alternatifnya adalah dengan menjadi breeder ikancupang. Pekerjaan ini mungkin terlihat sepele bagi anda. Namun jika ini digarapdengan serius dan ketekunan, anda akan memperoleh hasil yang tidakmengecewakan. Ikan dari genus betta ini merupakan kerabat dekat gurami karenasatu ordo yankni ordo labyrinth. Ikan cupang memiliki kemampuan untuk mengambilnafas langsung ke permukaan air. Hal ini berkat organ bernama labirin yang berada diinsang iakan cupang.Sebenarnya beternak cupang sangatlah mudah ada beberapa langkah yang harusditempuh untuk menajdi seorang breeder yang sukses.
Berikut ini tahapan proses breeding ikan cupang sampai pada proses penjualan, yaitu :
1. Pemilihan indukPemilihan induk merupakan tahap paling penting dan menentukan dalam prosesbreeding. Karena indukan yang berkualitas akan menghasilkan anakan yangberkualitas pula. Berdasarkan pengalaman penulis hendaknya dalam memilih caloninduk dilakukan pada ikan yang berumur diatas delapan bulan. Sebab ikan yangsudah berumur delapan bulan memiliki kematangan seksual secara sempurna. Organseks ikan sudah dapat menghasilkan gonad dan sperma yang berkualitas. Lebih baik jika indukan betina yang akan memijah adalah betina yang masih perawan ataubelum pernah bertelur.Selama kurang lebih dari sepuluh tahun menggeluti seluk beluk ikan hias ini penulismenemukan fakta bahwa dari indukan yang berkualitas hanya menghasilkan 70%anakan yang berkualitas pula. Oleh karena itu jangan main-main dalam pemilihancalon indukan. Indukan yang baik adalah indukan yang telah matang secara seksualsehingga tingkat keberhasilan dan angka tetas dapat mencapai 80%-90%. Jikiapemilihan induk dilakukan secara sembrono maka hasil yang akan kita terima jugaakan sangat tidak memuaskan.
Berikut ini ciri-ciri indukan yang baik dan siap kawin:
a. Pejantan1) Telah mencapai usia delapan bulan. Dapat ditandai dengan ukuran yang sudahmelebihi enam senti meter. Atau melihat pangkal ekor yang kekar.
2) Memiliki bentuk fisik yang bagus.
3) Memiliki mental yang berani.
4) Memiliki warna yang cerah dan cemerlang.
5) Sering membuat gelembung busa di permukaan air.
6) Gerak-gerik yang genit ketika melihat cupang betinab. betina
1) mencapai usia yang cukup yakni delapan bulan.  Ditandai dengan perutnya yanggendut.
2) Memiliki bentuk fisik yang bagus.
3) Memiliki warna cemerlang serta sirip yang tegas.
4) Tubuh ikan berubah warna menjadi garis-garis transparan seperti zebra.
5) Bintik putih pada abdomen yang menjendol tanda telur siap dibuahi.Kebanyakan breeder pemula seringkali tidak mampu membedakan antara pejantandengan betina. Sehingga seringkali terjadi breeder tersebut mencampurkan ikan dari jenis kelamin yang sama. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan ikan akan berkelahisehingga ekornya menjadi rusak. Sebenarnya sangatlah mudah untuk membedakanpejantan dengan betina. Cupang betina memiliki bentuk tubuh yang kurang menarikdan tidak simetris; ekor cupang betina juga kurang menarik dan pendek; warnacupang betina kurang cemerlang jika dibandingkan dengan cupang pejantan. Cupangpejantan sebaliknya dan memiliki ekor panjang dan indah serta warna yangcemerlang.Penulis juga melarang breeder pemula untuk tidak mengawinkan ikan dari satu indukyang sama. Hal ini akan menghasilkan anakan yang cacat secara genetik danbiasanya warna yang dihasilkan tidak indah. Cacat genetik ini diakibatkan karenakerusakan genetik ysng disebabkan oleh pengumpulan kromosom. Jika indukanberasal dari satu induk maka kromosomnya akan berkumpul yang pada akhirnyasegala cacat bawaan yang mungkin ada akan diturunkan pada anakan. Hendaknyabakalan indukan berasal dari induk yang berbeda. Lebih baik lagi jika anda melakukanperkawinan silang dari jenis dan warna yang lain.2. Persiapan pemijahanSetelah melakuan pemilihan bakal indukan kita juga harsu mempersiapkan calonindukan dengan baik. Agar nantinya ketika sudah dikawinkan ikan tersebut akanmemijah dengan sukses tanpa gangguan. Indukan terpilih hendaknya dipisahkan dandiberikan perlakuan khusus. Paling penting adalah memberikan pakan tambahanyang bergizi bagi indukan cupang. Breeder juga harus mempersiapkan tempat yangakan dijadikan tempat memijah.Banyak benda yang dapat dijadikan sebagai wadah tempat memijah. Paling efektif dan baik adalah dengan menggunakan aquarium sebab kita dapat memantu aktivitas
ikan dari berbagai sudut. Mengenai ukuran aquarium yang akan dipergunakansebenarnya tidak ada standar baku. Penulis menganjurkan ukuran minimummenggunakan akuarium ukurang 30x40x30 (PxLxT). Ukuran tersebut tidak terlalulebar juga tidak terlalu sempit. Wadah seperti bak fiber, drum bekas, maupun galonbekas juga dapat dipergunakan.Sang pejantan kita letakkan di aquarium tersebut selama satu minggu dan diberikanpakan jentik nyamuk. Lakukan treatmen ini selama satu minggu sampai pejantantersebut birahi yang ditandai dengan gerakan genit serta mengeluarkan busa. Ikanbetina sebelum proses perkawinan diberikan pakan jentik nyamuk untukmempercepat pematangan sel telur. Peringatan agar tidak memberikan pakan cacingsutera kepada indukan yang sedang dipersiapkan. Kandungan lemak yang tinggi akanmenyulitkan ikan ketika mengeluarkan telur. Dikhawatirkan angka keberhasilan tetasakan berkurang.Pastikan juga indukan dalam keadaan sehat yang ditandai dengan gerakan yanglincah serta nafsu makan yang tinggi. Untuk mencegah penyakit berikan pencegahandengan meneteskan metil biru kedalam aquarium. Aquarium yang akan digunakan juga hendaknya harus bersih baik dari jamur maupun bakteri yang dapat membawapenyakit pada anak cupang.
3. Proses pemijahan Jika kedua calon indukan indukan tersebut diberikan perlakuan khusus makapemijahan dapat dilakukan. Sebenarnya tidak ada jangka waktu baku untukmenyiapkan bakal indukan. Jika memang sudah terlihat siap sebaiknya pemijahansegera dilakukan. Pejantan yang diletakkan dalam aquarium pemijahan bila sudahmembentuk busa-busa tempat meletakkan telurnya sudah dapat dilakukanpemijahan. Namun kita tidak bisa langsung memasukkan cupang betina ke dalamaquarium. Selayaknya manusia ikan cupang juga perlu pendekatan/perjodohan.Perjodohan dilakukan agar ikan langsung kawin. Kebanyakan ikan yang tidak joodohakan berkelahi satu sama lain dan pemijahan akan gagal.Proses perjodohan bertujuan agar masing-masing dapat mengenal pasangannya.
Penjodohan dapat dilakukan dengan memasukkan betina ke dalam toples atau botol.Kemudian toples atau botol tersebut dimasukkan ke dalam aquarium pejantan.Biarkan pejantan mengamati betina tersebut dan betina saling memandang. Apabilamasing-masing memperlihatkan reaksi positif, dimana pejantan akan berlenggak-lenggok genit serta betina berubah warna menjadi sepertii zebra. Ikan betina dapatsegera dilepaskan secara perlahan ke dalam wadah.Pejantan akan menghampiri betina dan menari-nari di hadapan cupang betina.Cupang betina akan merespon rayuan tersebut dengan berjalan malas dan mengikutike arah mana pejantan berenang. Jika waktunya telah tepat maka pejantan akanmengajak betina untuk kawin. Biasanya perkawinan terjadi pada waktu waktu dingin.Menurut pengalaman selama ini perkawinan terjadi pada pagi hari antara pukul07.00-10.00 dan sore hari pukul 14.00-17.00. sebelumnya kita juga harusmemberikan fasilitas tempat pejantan meletakkan telurnya. Kita dapat menggunakandaun pisang yang dipotong kecil ataupun daun singkong. Media tersebut harusmengambang karena akan menjadi tempat busa yang dikeluarkan oleh pejantan.Penulis tidak menganjurkan untuk menggunakan tanaman air karena akanmempersulit pejantan untuk memungut telurnya.Perkawinan terjadi apabila pejantan memeluk erat betina hingga membentuk bola.Setelah bergelung membentuk bola kedua ikan ini akan lemas untuk beberapa saat.Betina mengeluarkan telur dari perutnya berwarna putih kecil seukuran pasir. Saatitulah pejantan membuahi dengan mengeluarkan sperma ke telur yang keluartersebut. Sekali mengeluarkan telur betina mampu mengeluarkan lima belas telur.Pejantan kemudian dengan sigap memunguti telur yang jatuh menggunakanmulutnya, dengan lembut dan penuh kasih sayang. Lalu telur-telur tersebutdiletakkan pada busa yang sudah dipersiapkan pada pejantan. Telur akan melekatdan disimpan di dalam busa sang pejantan. Peristiwa ini akan berlangsung beberapakali selama beberapa menit sampai pada akhirnya betina kehabisan telur dalamperutnya.Lazimnya ketika proses perkawinan sang betina sering mamakan telurnya sendiri.Oleh karena itu sediakan pakan yang cukup dalam aquarium berupa jentik nyamukatau cacing sutera. Hal ini untuk mengurangi sifat kanibal indukan betina. Prosesperkawinan usai ditandai dengan diusirnya betina dari wilayah perkawinan. Pejantandengan sigap menghalau betina agar tidak memakan telur yang telah tertata rapi
diantara busa sarang. Disinilah peran anda sebagai breeder untuk mengangkat betinadari aquarium. Lakukan dengan perlahan dan jangan sampai menimbulkan riak besaryang dapat merusak sarang busa. Setelah diangkat betina tersebut dapatdiistirahatkan di tempat lain dan diberikan pakan yang cukup.Betina yang telah kawin dapat digunakan sampai dua kali pemijahan kembali. Hal inikarena betina yang telah kawin berkali-kali (maksimal empat kali) akan mengalamipenurunan kualitas telur. Kuantitas maupun kualitas dari telur akan berkurangsehingga akan merugikan kita sebagai breeder. Angka keberhasilan tetas jugamenurun sebab telur pertamalah yang terbaik. Setelah tidak terpakai hendaknyabetina tersebut jangan dibuang. Bagi sebagian besar breeder top betina adalah kunciuntuk mendapatkan cupang berkualitas unggul. Mereka biasanya melemparkanbetina yang telah habis untuk menjadi santapan arwana atau ikan lou han. Tujuannyaadalah untuk menjaa kualitas dan persaingan dengan breeder lain. Nantinya ikanyang dihasilkan breeder tersebut tidak ada yang menyamai dan ujung-ujungnya padakeberadaan stok ikan yang mempengaruhi harga jual di pasaran ikan hias.
4. Pembesaran anakSetelah proses perkawinan dilalui dan induk betina sudah diangkat dari aquarium. Kinitugas pejantan untuk menjaga anaknya sampai menetas. Sang pejantan akan terussiaga berjaga dibawah sarang busa yang berisi telur. Pejantan juga akan memungutitelur yang jatuh dan meletakkan kembali dalam sarang busa. Perilaku pejantan inibertentangan dengan sikapnya terhadap cupang lain. Cupang dewasa dikenal sebagaiikan yang suka berkelahi. Di luar negeri ikan cupang dikenal dengan nama fightingfish alias ikan petarung. Tiga hari pasca perkawinan telur-telur akan berubah menjadi cupang. Awalnya telurberwarna putih tersebut akan memiliki mata, kemudian ekornya terbentuk dan padahari ketiga cupang anak (burayak) terbentuk. Burayak tersebut belum dapat berenangdengan baik. Seringkali pejantan memunguti anakan yang berenang terlalu jauh darisarang. Pejantan akan menjaga sampai burayak mampu berenang sendiri. Apabilaterlihat burayak sudah mampu berenang maka pejantan diangkat dari aquarium.Selanjutnya istirahatkan pejantan.
Pada minggu pertama burayak tidak perlu diberi makan karena masih memilikicadangan makanan dari kuning telurnya. Selanjutnya burayak diberi pakan denganmakanan yang kecil sesuai ukuran mulutnya.5. Pemberian pakanProses pemberian merupakan tahapan yang sangat penting karena menentukankelangsungan hidup anakan. Ketika berumur tiga hari kantung telur yang dimiliki olehburayak mulai habis. Sehingga burayak akan membutuhkan suplai makanan.Biasanya para peternak memberikan pakan dengan tepung artemia salina. Namunpenulis biasa menggunakan kutu air halus yang diperoleh dengan mengkultur sendiri.Hasilnya burayak akan cepat tumbuh besar. Bahkan ada beberapa peternakmemberikan pakan dengan kuning telur rebus. Kuning telur nantinya akan hancurterkena air sehingga burayak akan melahap kuning telur tersebut.Setelah berukuran cukup besar anakan ikan dapat diberi pakan cuk atau cacingsutera.
Setiap pakan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
a. cacing sutera/tubifex worm
Pakan ini termasuk sangat disenangi oleh ikan. Cupang yang sering mengkonsumsicacing sutera pertumbuhannya menjadi sangat pesat. Cacing sutera memilikikandungan lemak yang sangat tinggi. Resiko yang mungkin timbul adalah kegemukanpada cupang. Bagi cupang betina terlalu banyak makan cacing mengakibatkan sulitbertelur. Cacing sutera biasanya didapatkan dari selokan yang mengalir. Oleh karenaitu sebelum diberikan pada ikan kita hendaknya dibersihkan dan diberikan antibiotic.
b. cuk Pakan
yang merupakan anak nyamuk. Ncuk memiliki kandungan protein yang tinggi. Cuk sangat baik untuk mencerahkan warna cupang dan mematangkan sel telurindukan betina. Cuk juga sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan kita.Sayangnya cuk juga mengundang bibit penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dewasa. Cuk yang sudah bongkok sebaiknya tidak diberikan kepada cupang karenakandungan gizinya sudah berkurang.
c. kutu air
kutu air yang termasuk pada keluarga udang-udngan renik sangat sering ditemukandi genangan air. Kutu air akan mudah ditemukan pada perairan yang mengandungganggang dan alga. Pemberian kutu air dapat memperlebar sirip ikan kesayangankita.
6. PenyortiranSetelah ikan berubuh satu setengah bulan dapat dilakukan penyortiran. Ikan yangdisortir adalah pejantan yang berkualitas baik. Ikan yang berkualitas dicirikan denganbentuk fisik yang proporsional, sirip yang lebar, warna yang cemerlang. Prosespenyortiran bertujuan agar sirip ikan tidak rusak akibat berkelahi. Selnjutnya cupangdapat ditempatkan pad akuarium soliter ukurang 15x15x20. jika tidak ada aquariummaka dapat menggunakan botol selai ataupun botol bekas air mineral.Penyortiran dilakukan secara perlahan agar anakan tidak mengalami stress. Pisahkanantara pejantan yang berkualitas baik dan pejantan yang kurang berkualitas.Nantinya pengklasifikasian ini akan menentukan harga jual ikan. Semakin berkualitasmaka harganya juga akan semakin mahal di pasara. Ikan betina tidak perlu disortir.Mereka dapat dikumpulkan secara bersama dalam satu wadah. Penyortiran ikanbetina dilakukan apabila kita akan mempersiapkan induk.
Meraup Hasil Dari Ikan CupangCUPANG??! Memang agak geli dan tabu ketika mendengarnya. Tapi jangan salah tafsir dan’ngeres’dulu, karena kata ini hanyalah nama salah satu jenis ikan hias yang cukup populer dimasyarakat.Walaupun terdengar aneh, tapi komoditas ikan hias ini mempunyai nilai ekonomistinggi sampai ratusanribu bahkan jutaan rupiah. Siapa pun bisa membudidayakan ikan ini, tua –muda, bahkan orang yang mempunyai waktu terbatas pun bisa.Ada dua jenis ikan cupang, yaituikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Jenis cupang adu antara lain singapur, bagan, bangkok. Sedangkan jenis cupang hias adalah halfmoon, serit (crown tail)dan plakat. Berbeda dengancupang adu, cupang hias memiliki warna sangat beragam dan indah,terutama yang berkelamin jantan sehingga harganya pun lebih tinggi. Masing-masing jenis cupang hias ini seringdipertandingkan dalam kontes yang membuat harga ikan ini semakin menarik. Budidaya ikan inisangat menjanjikan baik sebagai mata pencaharian utama atau sambilan, sehingga dapatmengatasi pengangguran dan menciptakan peluang kerja baru. Contoh analisa usaha,satu ekor induk dapat menghasilkan 200 – 300 ekor anakan. Untuk anakan pertama dari induk  betina biasanya 80% menghasilkan anakan jantan. Dalam waktu 2,5 bulan biasanya untuk harga borongan Rp1000 – Rp 2000 per ekor jantan. Bagaimana kalau mempunyai lima ekor indukan? Belum lagi dari ikanhias kontes yang memiliki harga sampai ratusan ribu per ekor. Cukup lumayan kan?Di Kota Tangerang, banyak masyarakat yang sudah menekuni budidaya ini. Bahkan adakawasan yang sudah terkenal seperti Kec. Karang Tengah, Ciledug, Larangan dan Karawaci.Budidayacupang bisa dibilang sangat mudah dan tidak memerlukan modal besar, lahan luas atau tempat yang bagus. Sebagai sarananya cukup memanfaatkan wadah seperti, bak, plastik atau terpal untuk  bahandasar kolam.Budidaya ikan ini sangat sederhana dan gampang-gampang susah. Secara garis besar, kitaharus mengetahui media budidaya, pemilihan induk, proses pemijahan, perawatan benih,pembesaran,hama penyakit dan pemasaran.Media Budidaya CupangMedia yang digunakan untuk budidaya cupang terdiri darimedia pembesaran dan media pemijahan. Media pembesaran biasanya menggunakan bak/kolam semen, plastik/terpal, aquariumatau alternatif lain. Sedangkan untuk pemijahan dapat digunakan baskom, toples, aquarium kecil, paso, ember plastik, kaleng bekascat plastik 5 kg yang kesemua wadah ini mempunyai diameter ±20 cm.Memilih IndukanUntuk pemijahan, diperlukan indukan ikan jantan dan betina. Jenis kelamin cupang dapat dibedakan dari sirip-sirip dan warna badan. Cupang jantan memiliki jari-jari sirip anal, punggungdan ekor yang tumbuh sempurna lebih panjang dibandingkanselaput yang menutupinya. Cupang betina tidak memilikipenonjolan dari jari-jari siripnya. Cupang jantan dewasa memilikilebih banyak bintik-bintik hitam di punggung. Ikan yang dipilihuntuk indukan berumur 6-7 bulan ukuran minimal 5 cm. Syaratindukan yang baik adalah: sehat, proporsional, tipe sirip tebalsecara keseluruhan, serta berasal dari keturunan yang bagus.Cara Pemijahan- siapkan wadah pemijahan yang telah dicuci dan dikeringkan- isi air ke dalam wadah pemijahan setinggi 10 – 15 cm- masukan induk jantan ke dalam wadah
3 hari sekali dengan menyisakan air ¼ bagiannya. Penggantian air sangat berpengaruh terhadappertumbuhan ikan. Semakin sering diganti maka pertumbuhan ikan semakin cepat.Bila ikan cupang sudah kelihatan besar dan cukup padat, maka perlu dilakukan pendederan ke wadah yang lain yang lebih besar. Umumnya pada umur dua bulan cupang sudah bisa disortir,terutama yang jantan sudah bisa dimasukkan ke dalam botol/aquarium soliter untuk dilakukanpemeliharaan lebihlanjut. Cara memelihara ikan berkualitas akan diuraikan pada edisi selanjutnya.Hama PenyakitSeperti pada jenis ikan lainnya, budidaya cupang pun memiliki kendala hama dan penyakit, walaupun jarang sekali para pembudidaya menemukan cupangnya terkena penyakit. Hama yangperluditanggulangi adalah ular, burung dan yang paling penting adalah manusia. Untuk mengatasinyaadalahdengan membuat pagar dan memberikan penutup pada kolam.Sedangkan penyakit yang sering menyerang cupang adalah bintik putih/velpet yang menempel di bawah selaput lendir. Untuk mengatasinya gunakan air yang dicampur meteline blue. Ikan sakitdirendamselama sehari semalam dan diberi aerasi. Sebenarnya penyakit biasanya berasal dari makanan. Oleh karena itu makanan harus dicucisebelum diberikan.  Selain itu, pemberian makanan yang berlebihan dapat menimbulkan sisa dankotoran. PemasaranCupang dapat dipasarakan pada umur berapa saja tergantung kebutuhan para pembudidayanya baik untuk lokal maupun ekspor, sehingga harga yang didapatkan pun bervariasi. Semakin terawatdan bagus maka harganya pun semakin tinggi.Pembeli ada yang datang langsung ke pembudidaya, atau pembudidaya dapat menawarkan keagen-agen (supplier). Beruntung, di Kota Tangerang sudah terbentuk sistem plasma. Sehinggaparapembudidaya sudah tidak pusing lagi memasarkan cupang karena sudah ada yang menampungdanmemasarkan.Untuk mengangkat harga cupang, cara yang dilakukan adalah dengan sering mengadakankontes dan pameran. Prediksi tahun depan (2008) permintaan jenis cupang hias akan semakinmeningkat karena pada tahun 2007 telah sering diadakan kontes baik di dalam ataupun luarnegeri.
Dengan demikian peluang untuk budidaya cupang tetap bagus dan cerah. Tinggal bagaimanaanda,apakah ingin mencoba budidaya cupang yang cukup mudah dan menjanjikan ini? Silahkanmencoba dan jangan takut gagal !!Diposkan oleh Hobiis ikan cupang (Nofgi) di22:510 komentarKirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz Kamis, 12 Agustus 2010sejarah ikan cupang hias di indonesiaSejarah Ikan Cupang Plakat di IndonesiaIkan cupang plakat adalah ikan cupang hias dengan bentuk ekor yang lebih pendek atau biasadisebut ikan ekor pendek. Cupang plakat berasal dari Thailand yang pertama kalimengembangbiakannya. kata Plakad merupakan bahasa Thai yang berarti cupang laga ataucupang aduan. cupang plakat memang sebenarnya merupakan ikan cupang aduan atau laga yang berasal dari cupang alam. kata plakad merupakan untuk membedakan antara ikan cupang hiasdengan cupang aduan untuk lebih familiar di kalangan internasional. kecantikan ikan cupangpelakat ini terlihat pada bentuk sirip, gigi yang tajam, keindahan & kerasnya sisik ikan maupungaya bertarung nya.Pada tahun 2000-an cupang plakat mulai dikenal luas oleh para hobies di Indonesia. karenasebelumnya lebih di nominasi oleh ikan jenis serit maupun halfmoon. ikan cupang plakat pertamakali dibawa & diperkenalkan di Indonesia oleh Henry Gunawan, Hermanus & Joty Atmadjaja.Pada tahun 2003 pertama kali ikan cupang plakad di konteskan oleh InBS dalam pagelaran InBS Award II di Gajah Mada Plaza, tetapai pada saat itu masih pada tahap eksebisi. Plakat sengaja diperkenalkan untuk menggairahkan pasar ikan cupang dalam rangka melawan boomingnya LouHan. semenjak itu ikan plakat makin banyak penggemarnya karena tampil dengan warna baru & bentuk yang sangat unik. sukurnya ikan cuang mulai kembali di lirik para pecinta ikan cupang.Ikan cupang plakat pada awal kemunculannya mempunyai ekor berbentuk seperti skop atau spadetail dengan tulang ekor yang hanya dua cabang. cupang yang seperti ini biasa di sebut cupangplakat tradisional. memiliki ujung yang memanjang. karena sirip dasinya atau ventralnya lebihpanjang daripada sirip bawahnya.Dalam perkembangannya plakat dikawinkan dengan ikan cupang half moon, yang menghasilkanekor yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai huruf D tapi bentuk besarannya tidak sebesarcupang half moon, jadi terlihat lebih imut. dan mempunyai tulang ekor yang lebih banyak untuk menyokong ekornya yang berbentuk half moon jadilah ikan jenis Plakat Halfmoon berekorpendek. bahkan ikan cupang plakat ekor mawar (rose tail) mempunyai cabang ekor lebih dari 8 batang.Persilangan plakat dengan double tail menghasilkan plakat double tail atau cupang cagak ekorpendek dan plakat simetris, yang menambah kemeriahan ikan cupang hias, tapi ikan cupangplakat cagak ini masih belum banyak di pasaran untuk sekarang ini. Plakat Simetris atausymmetrical plakat memiliki sirip punggung (dorsal) yang tinggi dan lebar, karena memiliki grndouble tail yang resesif. Penampilan ikan cupang plakat simetris sangat menawan sehingga olehInternational Betta Congress (IBC) dimasukan ke dalam kelas tersendiri. untuk membedakandengan plakat halfmoon & plakat tradisional. Ada juga cupang plakat untuk dikembangkan agar tubuhnya tumbuh lebih besar & indah di banding dengan cupang umumnya yaitu ber ukuran sekitar 10 – 12 cm diukur dari ujung mulutsamapai ujung ekornnya. jadi besarnya kurang lebih dua kali besar ikan cupang normal. yangmerupakan persilangan antara cupang alam dengan plakat yang berbadan agak besar yangmenjadikan ikan jenis baru yaitu ikan cupang giant plakat.mengenai sejarah ikan cupang raksasa(Cupang giant) sudah saya bahas pada artikel sejarah ikan cupang raksasa pada kesempatansebelumnya. pada saat pertama kali di perkenalkan di Jakarta International Betta Show 2007 diarena Flora 2007 Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. ikan cupang cupang raksasa plakat inidibandrol dengan harga US$1.000,- atau setara dengan Rp.10.000.000,- pada saat itu.By. Teguh Setiawan.Posted by Teguh Setiawan at 10:09 AM 1 commentsLabels: Mengenal Ikan, Sejarah IkanTuesday, January 19, 2010Ikan Cupang Double Tail (Cagak) Awal mula ikan cupang double tail atau ekor cagak tampil sejak adanya ikan cupang jenis half moon hal ini sebenarnya adalah cacat genetik yang diderita ikan cupang hingga membuat ekorikan menjadi seperti terbagi dua di bagian tengah ekornya (caudal). akibat mutasi genetik ikan inimemiliki sirip punggung yang panjangnya sama dengan sirip bawah dan memiliki sirip ekor ataudua cuping sirip ekor yang berbeda. dengan demikian jika ikan cupang mekar akan terlihat bercabang atau ekornya terbagi dua(cagak).Definisi lain double tail yang baik adalah suatu lingkaran penuh dengan tidak ada ruang terbuka(sepasi) di antara ketiga sirip, baik sirip punggung, sirip bawah, maupun sirip ekor. dasar sirip di belakang double tail tampak lebih luas dibandingkan dengan singgle tail (ekor tunggal). Double
tail yang ideal ialah memiliki sirip bawah yang berhubuingan secara simetris dengan sirip atasatau sirip punggung dan sirip ekor.Cupang double tail mempunyai cuping ekor yang sama dan seimbang di atas dan di bawah garistengah ikan itu. Cuping ekor yang atas dan bawah harus seimbang. bentuk lingkarang sama sepertikita melihat ikan jenis half moon hal ini adalah bentuk yang ideal untuk kedua cuping ekor ketikamengembang.Untuk gen double tail sangat rentan terhadap gen singgle tail apabila kita mengawinkannya.karena itu apabila kita mencoba untuk mengawinkan ikan dengan gen double tail dengan ikancupang gen singgle tail maka akan menghasilkan lebih banyak ikan singgle tail, dan bahkan akanmenghasilkan ikan yang benar-benar jelek karena ini akan mengakibatkan nilai jual ikan tidak  bagus, karena ke indahannya yang berkurang banyak. Singgle tail yang memiliki gen double tail biasanya ditandai dengan sirip punggung atau dorsal yang luasnya dua kali sirip punggung dinggletail normal. jika double tail kita kawinkan dengan double tail juga kita akan menghasilkan ikandouble tail setidaknya seperempatnya saja dari seluruh anakan ikan, hal ini di akibatkan belumkuatnya gen ikan double tail untuk mengikan gen seluruh anaknya menjadi jenis double tailseperti orang tuannya. yang selebihnya menjadi ikan singgle tail atau setengah double tail, tetapitetap anakan ikan tersebut mempunyai gen double tail, dan ketika nanti dikawinkan ketika ikandewasa atau cukup umur kemungkinan akan menghasilkan ikan doble tail juga walau jumlahnyatidak terlalu banyak. kalau menurut teorinya seharusnya ikan double tail yang dikawinkan dengansesamanya akan menghasilkan ikan yang sejenis tetapi untuk saat ini sepertinya belum. hal ini belum bisa di samakan seperti ikan jenis serit & half moon.Untuk di Indonesia ikan jenis double tail belum terlalu banyak di ternakan karena faktorkeberhasilan memperoleh double tail yang sempurna sangat kecil. ynag membuat para pecintaikan cupang double tail masih kesulitan untuk mendapatkan ikan cupang jenis ini dengan kwalitas yang baik. untuk dipelihara maupun untuk kontes ikan cupang. tidak semua ikan cupangmenyediakan kelas double tail karena faktor masih sedikitnya ikan jenis ini.By. Teguh SetiawanPosted by Teguh Setiawan at 7:08 AM 0 commentsLabels: Mengenal IkanFriday, December 11, 2009
Sejarah Ikan Cupang Giant (Raksasa)Ikan Cupang Giant atau raksasa adalah ikan cupang yang berukuran lebih dari normal, hinggamencapai +/-12 cm. Cupang raksasa ini terlihat sangat besar dengan bentuk tubuh yang tebal.Karena besarnya, terlihat cupang ini tidak seaktif cupang normal, namun tetap memilikikeagresivitasan sebagaimana layaknya cupang. Insang terbuka dengan gerakan siap menyerangselalu diperlihatkan ketika bertemu musuhnya. Sirip akan dinaikin seakan memperlihatkankemarahannya. Keindahan cupang hias masih terlihat namun untuk cupang raksasa jenishalfmoon dan serit belum didapat bentuk sirip yang sekokoh cupang halfmoon dan serit yangnormal.Penemunya yang pertamakali adalah Mr. Athapon (Uncle Sala) dan anaknya Mr. Natee, peternak Thai pemilik Diamond Fish Farm yang pertama kali mengembangbiakan cupang raksasa padatahun 1999. Mereka mendapatkan seekor cupang plakat yang memiliki panjang 4 inchi (10 cm)dikolam mereka dan memiliki ide untuk mengembangkan cupang tersebut. Mereka mencariindukan betina yang besar dari sekitar 300 an kolam mereka untuk pasangan si cupang plakatraksasa yang mereka miliki. Dengan tidak pantang menyerah mereka mengawin silangkan cupangraksasa tersebut sehingga dicapai ukuran dan bentuk yang dikehendaki. Pada tahun 2001 UncleSala mulai memasarkan cupang raksasanya dan menamakannya Giant Betta. Setahun kemudiandikirimnya giant betta ini mengikuti kontes cupang internasional IBC di Amerika Serikat. Ketikaitu harga seekor giant betta ditawarkan di Aquabid seharga US$ 1000 dan terjual.Pada awalnya untuk mencapai ukuran 3 inchi (7.5 cm) dibutuhkan waktu 8-9 bulan namunsekarang untuk mencapai ukuran yang sama dapat dicapai hanya dalam waktu 5 bulan saja.Sementara sirip dan warna sudah berkembang semakin bervariasi sehingga didapat gianthalfmoon, giant double tail, giant serit. Ukuran terbesar yang dapat ditemukan adalah 5 inchi (12.5cm) pada giant berumur lebih dari 1 tahun.Posted by Teguh Setiawan at 10:33 PM 3 commentsLabels: Mengenal Ikan, Sejarah IkanMonday, December 7, 2009Ikan Cupang Di Sekitar KitaIkan cupang bukan hanya di sukai oleh kalangan anak-anak saja tapi yang pastinya di sekarang disukai oleh seluruh kalangan termasuk kalangan orang kantoran, karena ikan jenis ini adalah ikan yang sangat mudah untuk di pelihara, karena tidak memerlukan aerator atau pelembung udaraataupun sirkulasi air dengan menggunakan pompa. Ikan cupang terkenal karena ketahanan
tubuhnya karena sangat mudah perawatannya atau ikan yang termasuk bandel perawatannya.hanya dengan menggunakan toples cantik atau sederhana anda dapat memelihara ikan cupang yang cantik ini, toples atau aquarium dapat di taruh didalam ruangan tamu, meja belajar, mejakantor dan lain-lain dimanapun kita suka. Ikan cupang akan memekarkan insangnya atau ngedok dan juga memekarkan sirip-siripnya apabila melihat lawannya yaitu ikan cupang lainnya. karenaikan jenis ini sangatlah agresif & selalu melindungi daerah kekuasaannya, tapi tenang sajaterhadap tangan manusia tidak menggigit kok…hehehe, tidak seperti Ikan Oskar maupun Lauhan yang lumayan galak.Nah Bagi Anda yang suka dengan Tanaman Air ikan cupang adalah kawan yang baik untuk memanjakan anda dan tanaman anda tentunya karena dengan adanya ikan cupang didalam Vas,toples atau pun botol yang anda isi dengan tanaman kesukaan anda, tanaman & ikan cupangpajangan anda akan terlihat lebih indah. Dan hal ini juga dapat menjaga agar tidak ada anak nyamuk atau cuk yang hidup disana, yang dapat mengakibatkan akibat yang sangat fatal apabilaada nyamuk aides agypti atau nyamuk demam berdarah atau sebangsanya yang sangatmembahayakan keluarga kita.Ikan Cupang ada beberapa Tipe ada yang Tipe Aduan & Tipe Hias kalau tipe aduan terkenalnyaikan aduan Bangkok-Thailand, Singapura, Bagan-Sumatra, dan Lain-lain. Untuk Tipe jenis hiassangat bermacam macam jenis & warna ini yang pasti anda sangat suka termasuk saya. ada yang berjenis Half Moon, Serit, Plakat dan lain-lain. kenapa disebut jenis ikan cupang hias karenakeindahan pada bentuk sirip ekor, badannya yang indah juga warnanya yang sangat menawanmembuat orang yang melihatnya ingin memeliharanya.Bagi yang ingin memilikinya ikan cupang ini banyak di perjual belikan di pasar-pasar ikan, di tokoikan hias, penangkarannya, maupun di perumahan yang mencoba menjual ikan cupangini. Untuk harganya relatif murah untuk pemulan anda hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp5.000,- s/dRp15.000 ,- untuk setiap ikan cupang pejantannya. gimana tertarik silahkan mencobamemeliharanya.By. Teguh SetiawanPosted by Teguh Setiawan at 8:54 PM 0 commentsLabels: Tips Memelihara IkanSaturday, December 5, 2009BETTA ALBIMARGINATA Ikan Cupang ini termasuk jenis ikan cupang liar atau cupang alam. Di Asia tenggara juga termasuk Indonesia mepunyai jenis ikan baru yaitu Betta Albimarginata. Cupang jenis ini ditemukan sejak
tahun 1993 oleh Maurice Kottelat di Kalimantan Timur. Albimarginata berarti bertepi putih,karean warna sirip, ekor & bawah berwarna putih. bahkan sirip dan dasinya pun berujung putih.ukurannya hanya berkisar 5 cm, (2 inci) dan ikan ini termasuk yang terkecil di antara jenis ikancupang yang kita kenal.Betta Albinamarginata merupakan jenis mouthbreeder atau ikan yang mengerami telurnya dalammulutnya sampai menetas & mengelurkan anak-anak mereka pada waktunya. Pejantan Betta Albimarginata megerami telurnya dan anaknya dalam mulutnya selama 12 hari pada suhu 26-27derajat celcius. jenis ini juga di tangkap oleh Dickman, Knorr & Gram di aliran sungai Sembuak selebar 2 meter, di kota Malinau sekitar 1996 yang letaknya kira-kira 100 km dari tempat Kottelatmenangkap spesimennnya.Menurut Kottelat Betta Albimarginata sangat mirip dengan Betta Channoides sehingga cukupmembingungkan. tetapi beruyak keduannya berbeda sama sekali. beruyak Betta Albimarginata berwarna hitam dan berukuran 5 mm, sedangkan beruyak Betta Channoides berwarna terangseperti beruyak guppy. Betta Marginatata ditemukan di perairan dangkal diantara akar-akartumbuhan, dengan pH 5,5 temperatur 27 derajat celcius, dan kesadahan 3 dH.By. Teguh SetiawanPosted by Teguh Setiawan at 9:01 AM 0 commentsLabels: Mengenal Ikan Wednesday, December 2, 2009Bisnis Kewirausahaan Ikan Cupang A. Latar BelakangIkan cupang yang selama ini kita kenal mempunyai nama lain yaitu Betta fish atau biasa di sebutdalam bahasa inggris yaitu Fighting fish, ikan ini sangat agresif, penyendiri, mempunyai bentuk & warna sangat indah. Saat ini ikan cuang sangat di minati parapencinta ikan cupang baik lokalmaupun manca negara dan tentunya juga anak-anak yang sangat menggemarinya. Maka itu berbisnis ikan cupang sangatlah baik karena selain modalnya yang sangat relatif kecil, perawatan& pengembangbikan yang sangat mudah juga sangat mudah dalam penjualannya. Inilah dasarmengapa berbisnis ikan cupang sangatlah bagus untuk orang-orang yang mempunyai kemauan berusaha & keuletan dalam mengerjakannya.Jikalau Anda penggemar atau penghobi ikan hias, cobalah membudidayakan ikan cupang sebagaialternatif penghasilan tambahan atau penghasilan sampingan. Karena modal yang dibutuhkan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: